Indikator
  • Undercontruction

Jangan Takut Matahari, Ternyata Kurang Sinar Matahari Bisa Berbahaya Lho

Home / Kesehatan / Jangan Takut Matahari, Ternyata Kurang Sinar Matahari Bisa Berbahaya Lho
Jangan Takut Matahari, Ternyata Kurang Sinar Matahari Bisa Berbahaya Lho Sinar matahari penting untuk tubuh manusia (FOTO: meteoweb.eu)

MINAHASATIMES, JAKARTASinar matahari juga penting untuk tubuh manusia. Karena itu penting bagi kita terbiasa terkena sinar matahari agar tidak kekurangan sinar matahari yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan.
Memang, apa efeknya jika seseorang mengalami kurang sinar matahari? Berikut 7 penyakit akibat kurang sinar matahari. Dilansir dari The Asian Parent.

1. Risiko penyakit jantung
Bila kita tidak terkena terpaan sinar matahari maka vitamin D sulit diproduksi oleh tubuh. Vitamin D ini memainkan peranan penting dalam melindungi manusia dari penyakit jantung.

Sinar ultra violet juga membantu pengaturan sirkulasi darah. Jadi, tanpa matahari, kita lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular.

2. Berkurangnya kesempatan untuk hamil
Kurang sinar matahari akan menambah kadar melatonin dalam tubuh wanita. Hormon ini akan menekan kesuburan sehingga mengurangi peluang untuk hamil.

Selain itu, wanita yang lebih sedikit terkena sinar matahari akan lebih cepat mengalami menopause dibanding mereka yang sering terpapar cahaya matahari.

Pada pria, kekurangan sinar matahari memengaruhi tingkat testoteron secara langsung.

3. Gangguan saraf
Anak-anak yang tidak mendapatkan sinar mentari yang cukup berisiko mengalami multiple sclerosis, sebuah penyakit pada sistem saraf pusat saat mereka beranjak dewasa.

4. Nyeri otot dan sendi
Tanpa cahaya matahari, bersiaplah mengalami nyeri di sekujur tubuh. Cahaya matahari membantu menghangatkan otot-otot tubuh dan mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi seperti arthritis.

5. Rentan stres karena tidak bahagia
Kekurangan sinar matahari akan membuat Anda kekurangan serotonin - hormon yang membuat bahagia - dalam tubuh. Dan meski ada banyak cara untuk membuat diri kita bahagia, sering terpapar sinar matahari adalah cara paling mudah dan paling alami, apalagi jika dikombinasikan dengan olahraga.

6. Daya tahan tubuh berkurang
Jika kita hanya terpapar sedikit sinar matahari, berarti sel darah putih dalam tubuh juga berkurang jumlahnya. Dan semakin sedikit jumlah sel darah putih dalam tubuh, semakin sulit kita melawan infeksi.

7. Gigi berlubang
Bahkan gigi kita ikut menderita jika kita kurang mendapat terpaan cahaya matahari. Orang-orang yang hanya mendapatkan sedikit sinar matahari biasanya memiliki banyak permasalahan kesehatan gigi, salah satunya gigi berlubang.

Meski kurang sinar matahari tidak baik untuk kesehatan tubuh, namun ingat bahwa jika terlalu banyak terpapar sinar matahari juga bukanlah sesuatu yang baik. Sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar dan juga penyakit kulit yang berbahaya seperti kanker. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com